Home » , , , , , , » Beberapa Proyek Bill Gates Sebelum Pensiun 01

Beberapa Proyek Bill Gates Sebelum Pensiun 01


Beberapa Proyek Bill Gates Sebelum Pensiun - Siapa yang tidak mengenal Beliau, Bill Gates. sosok jenius dari Jagat Teknologi ini memang tidak hentinya diperbincangkan. Meski sudah pensiun dari tugas operasional Microsoft, ia masih menjadi bahan berita.
Beberapa Proyek Bill Gates Sebelum Pensiun 01

Memang saat ini, Bill bersama istrinya Melinda sangat sibuk di yayasan Bill & Melinda Gates Foundation. Pada September 2011, yayasan tercatat telah mempunyai aset senilai USD 33,5 miliar.

Pada tahun 2008 saja, jumlah sumbangan yang diberikan mencapai USD 2,8 miliar. Bill & Melinda Gates Foundation pun menjelma menjadi salah satu yayasan amal terbesar di dunia.

Banyak proyek untuk kemanusiaan digelar yayasan tersebut, termasuk "Toilet High Tech" sampai "Kondom pintar". Berikut sebagian di antaranya.

TOILET HIGH TECH

Salah satu proyek lumayan unik yang digelar yayasan tersebut adalah kompetisi bernama Reinvent the Toilet. Yayasan akan mensponsori pemenang kompetisi ini.

Para peserta diminta membuat toilet yang berbeda dari toilet pada umumnya, punya teknologi tinggi. Sehingga limbah toilet bisa digunakan kembali sebagai sumber daya yang berguna.

Beberapa pemenang kompetisi ini telah diumumkan oleh Gates. Seperti California Institute Technology yang membuat toilet tenaga surya yang bisa menghasilkan listrik.

Kemudian, pemenang runner up adalah Laoughborough University di Inggris. Mereka menemukan toilet mengekstrak kotoran manusia menjadi mineral atau air bersih.

Proyek tersebut memang ditujukan untuk negara-negara berkembang di mana fasilitas toilet belum banyak tersedia. Seperti di wilayah Afrika.

KONDOM PINTAR

Selain toilet teknologi tinggi, yayasan Bill Gates juga berinisiatif membuat kontes kondom pintar. Memang salah satu tujuan yayasan adalah mengendalikan pertumbuhan penduduk.

Dalam pencarian ini Gates memang tidak sendiri. Ia mengumumkan bagi siapa pun yang bisa membantunya memberi ide soal kondom pintar, maka akan ada hadiah uang sebesar USD 10 ribu, atau setara dengan Rp 97 juta.

Pendiri Microsoft itu memang tidak secara detail menyebutkan kondom pintar apa yang ia maksud. Gates melalui yayasannya hanya ingin menciptakan alat kontrasepsi yang nyaman dipakai. Baik itu bagi perempuan atau laki-laki.

Tantangan Gates untuk membuat kondom pintar itu berlaku bagi siapa saja. Baik itu pelajar, pekerja, enterpreneur, penggiat IT dan sebagainya. Anda punya ide membuatnya?



Share this article :

0 comments:

Post a Comment

Berita Unik di Twitter

Popular Posts

 
Support : WWW.PENGHANCUR.ASIA | WWW.BHANOAPUTRA.ASIA | ARY WARDHANA YUSUF
Copyright © 2013. PENGHANCUR - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger